6 Tips Mudah untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Bangun lebih awal, bermeditasi, berolahraga, dan mengisi kembali piring seseorang dengan bermacam-macam informasi sehat dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan fisik seseorang. Namun, di zaman yang serba cepat ini, yang didorong oleh teknologi, tidak cukup hanya merawat kesehatan fisik seseorang untuk mencapai kesejahteraan secara keseluruhan.

Karena kesehatan mental dan kesehatan fisik saling bergantung satu sama lain, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental untuk meningkatkan ketahanan dan memperkuat keyakinan untuk mengatasi semua jenis rintangan selama berbagai tahap kehidupan. Pada saat yang sama, kondisi pikiran yang sehat bertindak sebagai benteng melawan penyalahgunaan zat, pemicu stres psikologis, dan kondisi buruk lainnya. Ini adalah elemen yang sangat diperlukan untuk menjalani kehidupan yang bahagia.

Meskipun budaya yang lazim pada umumnya cepat mengabaikan gangguan mental dan kondisi sebagai masalah perilaku, mereka sama fatalnya dengan penyakit fisik. Sebagian besar stigma dan kesalahpahaman yang terkait dengan gangguan mental sebagian disebabkan oleh kepercayaan dan informasi yang tidak akurat.

Itulah pentingnya kesehatan mental yang baik sehingga seseorang tidak boleh mengalami gejala gangguan kejiwaan untuk mengambil keputusan untuk merawat kesehatan mentalnya. Semua orang mendapat manfaat dari kerangka berpikir yang sehat dan positif, terlepas dari jenis kelamin, usia, status sosial atau etnisnya. Kesehatan mental seseorang menentukan cara dia akan merasakan, merespons dan bertindak setiap hari. Itu juga mengarahkan pendekatan penanggulangan stres, keterampilan membuat keputusan, interaksi sosial, dll.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang:

Hosting Unlimited Indonesia
  • Mulailah hari dengan secangkir o 'joe: Memulai hari dengan secangkir kopi telah dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Minuman panas lainnya yang meningkatkan kesehatan mental adalah teh hijau.
  • Memelihara buku harian rasa syukur: Ketika seseorang menuliskan pikirannya atau menghitung berkat, itu membantu dalam mengakui dan menghargai siapa mereka dan apa yang mereka miliki. Penelitian menunjukkan bahwa mengekspresikan rasa terima kasih dalam buku harian (digital atau kertas) meningkatkan kesehatan mental seseorang dan memberikan kejelasan.
  • Menjalani detoksifikasi digital: Adalah ide yang bagus untuk keluar dari jaringan setiap saat. Meskipun smartphone menawarkan komunikasi real-time dan berbagai macam utilitas, banyak yang menemukan diri mereka kecanduan internet dan media sosial. Akibatnya, mereka terus-menerus memeriksa notifikasi dan peringatan email. Tinggalkan telepon untuk hari itu, terlibatlah dalam sesuatu yang menyenangkan atau nikmati percakapan yang hangat dengan seseorang.
  • Lakukan lompatan iman: Ketakutan akan kegagalan, komitmen, dan menerima ujung tongkat yang pendek sering kali mencegah orang untuk mencoba tangan mereka pada satu hal yang selalu ingin mereka lakukan atau tingkatkan. Seperti kata pepatah, "Anda tidak harus melihat seluruh tangga, ambil saja langkah pertama," fokus pada bergerak ke arah yang benar lebih baik untuk kesehatan mental seseorang daripada berada dalam situasi seperti jalan buntu. Daripada terus-menerus mengkhawatirkan dan melihat ke belakang, seseorang harus menghadapi situasi saat dan ketika mereka datang.
  • Jalan-jalan santai: Jalan-jalan, lebih disukai di tempat sepi dan sepi seperti taman atau di hutan, menanamkan energi dan persepsi baru. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan-jalan dikaitkan dengan peningkatan tingkat energi, pembakaran kortisol, perlindungan dari depresi dan augmentasi dalam kesejahteraan secara keseluruhan.
  • Tersenyumlah seperti yang Anda maksudkan: Menempatkan ekspresi bahagia di masa-masa stres dan masa-masa sulit mungkin terlalu banyak untuk diminta. Namun, secara mengejutkan tersenyum adalah mekanisme koping yang efektif karena menurunkan detak jantung seseorang dan memiliki efek menenangkan. Bahkan, alasan lain untuk menanamkan praktik sehat ini adalah bahwa tersenyum menggunakan lebih sedikit otot daripada mengerutkan kening, sehingga melindungi wajah dari mengembangkan garis kerutan dan kerutan.

Pikiran yang terlalu berharga untuk disia-siakan

Untuk mewujudkan keseimbangan hidup yang sehat, penting untuk merawat kesehatan mental dan fisik. Kadang-kadang, kelalaian kesehatan mental merupakan faktor risiko yang signifikan untuk timbulnya gangguan kejiwaan. Karena itu, penting untuk diingat bahwa mencari bantuan dalam kasus-kasus semacam itu bukanlah pertanda kelemahan tetapi kekuatan.



Source by Jay Guilorry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *